SI MIDES

Pandemi COVID-19 memaksa masyarakat khususnya di kabupaten sragen untuk tetap selalu dirumah. Mulai dari kegiatan ekonomi hingga Pendidikan dilakukan dari rumah. Hal ini memicu pentingnya suatu internet yang murah dan cepat untuk menopang hal tesebut. Dengan adanya permasalahan ini PT BPR Bank Djoko Tingkir (Perseroda) membuat inisiasi dengan adanya SI MIDES (SISTEM INTERNET MILIK DESA).

SI MIDES hadir untuk menyediakan jaringan internet yang murah dan cepat, yang dikelola oleh BUMDES (Badan Milik Usaha Milik Desa). BUMDES bekerjasama dengan ISP (Internet Service Provider) Icon+ merupakan anaka perusaah dari BUMN PLN.

Mengingat topografi dikabupaten sragen masih banyak dataran tinggi yang menyulitkan jaringan internet maupun jaringan smartphone sulit di terima. Dengan adanya SIMIDES mempercepat dan mempermudah akses internet. Karena jaringan ini menggunakan fiber optic yang di salurkan melaui kabel PLN lalu masuk ke rumah-rumah pengguna SIMIDES. Kecepatan internet rata-rata sebesar 10 Mbps dengan kecepatan ini 1 rumah dapat diakses lebih dari 3 alat komunikasi. Pengguna hanya di bebani iuran perbulan sebesar Rp 150.000,00 pebulan dibayar pada BUMDES setempat.

Dengan adanya SIMIDES yang menjadi salah satu produk inovasi PT BPR Bank Djoko Tingkir yang memfasilitasi BUMDES-BUMDES pengguna kabupaten sragen berupa pinjaman untuk pengembangan dan penerapan SIMIDES yang menjadikan suatu pemasukan untuk PT BPR Bank Djoko Tingkir dengan rasio NPL 0%.

Produk ini sudah ditetapkan melalui SK DIREKSI Nomor: 581/26/BPR/SK.DIR/2021 tentang Kentuan Kredit BUMDES. Atas dasar SK tersebut jadilah sebuah inovasi SI MIDES.

Hingga saat pengguna SI MIDES telah mencapai 1651 user dan 17 BUMDES di wilayah kabupaten sragen.






Clients
Clients
Clients
Clients
Clients